Unit-unit Pendidikan Pondok Pesantren Al-Ahsan

Profil

1. Madrasah Diniyah Al-Ahsan

Madrasah Diniyah Al-Ahsan merupakan unit yang berdiri tidak lama berselang setelah Pondok Al-Ahsan mendapat pengakuan secara hukum resmi pada tahun 2004. Dan pada tahun 2010 memperoleh pembaharuan Nomor Statistik Diniyah Takmiliyah (NSDT): 321235170101. Izin Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Keagamaan Islam Pada Madrasah Diniyah tahun 2004 menggunakan istem pembelajaran Halaqoh/Kajian Kitab Kuning, dan buku-buku pengetahuan keagamaan kotemporer di samping praktek
pembelajaran di dalam kelas juga di luar kelas (out door).

Sub unit yang ada di Madrasah Diniyah Al-Ahsan:

  • Madrasah Diniyah Ula : 4 Tahun
  • Madrasah Diniyah Wustha : 2 Tahun
  • Madrasah Diniyah ‘Ulya : 2 Tahun
  • Syawir : 2 Tahun
  • Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ini merupakan pendidikan keagamaan bagi
para pelajar Al-Ahsan dan warga sekitarnya yang berusia dini dan diharapkan dengan
penanaman akidah sejak dini, maka akhlakul karimah dapat terwujud karena telah
tertanam dan tertancap dalam hati.

2. Madrasah Tsanawiyah Al-Ahsan

Merupakan unit pendidikan formal bagi para pelajar Al-Ahsan dan warga sekitarnya, dengan harapan mampu mencetak generasi yang intelektual serta mumpuni yang dapat membawa harum bangsa Indonesia dimasa mendatang (NSM: 121235170110, NPSN: 60728612).
Untuk meningkatkan penguasan bahasa Inggris dimana hal tersebut sangat dibutuhkan maka unit ini bekerjasama dengan Basic English Course (BEC) Pare-Kediri, di samping kegiatan kepramukaan yang akan mencetak generasi yang disiplin dalam segala hal.

3. Madrasah Aliyah Al-Ahsan

Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin bertambahnya jumlah pelajar serta tuntutan dari masyarakat sekitar, maka pada pertengahan tahun 2012 unit ini mulai dirintis oleh Pengurus untuk turut serta mensukseskan dan mendukung Visi dan Misi Pondok Pesantren Al-Ahsan.

4. Program Wajar Dikdas Al-Ahsan

No. Statistik : 51.2.35.17.07.107

5. Pelatihan-Pelatihan

Unit ini diharapkan dapat memberikan bekal berupa life skill dan ketrampilan bagi para pelajar Al-Ahsan ketika nanti berkarya di masyarakat di esok hari.

Pelatihan tersebut meliputi latihan keterampilan elektro, menjahit, pertukangan, pertanian,perdagangan, perikanan, tata boga, peternakan, tata rias, kerajinan tangan serta pelatihan kewirausahawan lainnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan