Ternyata Inilah Manfaat Ruku’ & Sujud Secara Medis

 

Salah satu kewajiban bagi setiap Umat Islam adalah melaksanakan shalat 5 waktu. Yang mana dalam melaksanakannya dibutuhkan kekhusukkan yang tujuannya agar mendapatkan manfaat dari shalatnya tersebut.

Maka sangat penting bagi setiap Muslim untuk memperhatikan setiap gerakan saat melaksanakan shalat tak terkecuali gerakan ruku’ dan sujud. Karena ternyata gerakan ruku’ dan sujud memiliki manfaat baik secara agama maupun manfaat secara medis.

Ruku’ yang sempurna akan sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia karena akan menjaga kesempurnaan posisi punggung sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf dan posisi jantung sejajar dengan otak sehingga bagian tengah badan akan terus teraliri darah dengan sempurna.

Tak hanya itu, posisi tangan tertumpu pada lutut saat gerakan ruku’ juga bermanfaat untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah serta melatih kemih sehingga terhindar dari penyakit prostat.

Baca Juga: Kyai Muhsin: Sopir Pribadi yang diangkat Menjadi Waliyullah

Begitu juga dengan sujud. Gerakan sujud dalam shalat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama terhadap daya pikir seseorang. Posisi jantung yang berada lebih tinggi dibandingkan posisi otak akan sangat berguna untuk mengalirkan oksigen secara maksimal ke otak.

Dan saat posisi Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan dahi di lantai, posisi sujud ini sangat berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak.

melakukan ruku dan sujud dengan tidak tergesa-gesa juga akan menjauhkan seseorang dari gangguan wasir atau ambeien. Dan khususunya bagi wanita, melakukan gerakan ruku dan sujud dengan sempurna memiliki manfaat luar biasa yaitu bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Tinggalkan Balasan