Tak Hanya Teori, Santri Al-Ahsan Praktik Mengurus Jenazah

Untuk mencetak santri yang siap mengabdi kepada masyarakat dan umat, Pondok Al-Ahsan Karangan mengadakan pelatihan Ubudiyah. Salah satu dari pelatihan ubudiyah yang diadakan oleh Pondok Al-Ahsan kali ini adalah praktik mengurus jenazah.


Praktik mengurus jenazah yang terdiri dari memandikan, mengkafani, hingga menshalati jenazah tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 01 Mei 2019 di aula Pondok Al-Ahsan yang diikuti oleh santri tingkat MTs dan MA Al-Ahsan. Praktik mengurus jenazah ini merupakan salah satu praktik yang sifatnya wajib bagi setiap santri tingkat MTs dan MA.

Dengan adanya pelatihan ubudiyah semacam ini, diharapkan para santri tidak hanya menguasai teori saja tetapi juga mampu mengerjakan tata cara pengetahuan tersebut secara langsung sehingga para santri bisa mengaplikasikan pengetahuan tersebut kepada masyarakat jika sudah lulus kelak.

Menurut Ustadz Ahmad Yani, selaku pembimbing pada praktik tersebut, beliau berharap santri tidak hanya handal dalam ilmu umum, tetapi juga mahir dalam hal ubudiyah yang memang merupakan dasar pengetahuan pondok pesantren.

Dalam pemaparannya, Ustadz Ahmad Yani menjelaskan, bahwa tata cara mengurus jenazah itu sangat mudah dan praktis. Siapa saja bisa mengamalkan ilmu tersebut karena merawat jenazah tergolong ilmu yang harus dipraktikkan agar lebih mudah dalam memahaminya.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat