Setelah Membersihkan Makam, Pelajar Al-Ahsan Melanjutkan Dengan Do’a Bersama

Setelah melakukan bersih-bersih makam di pagi hari, di sore harinya Pelajar Al-Ahsan melakukan do’a bersama di makam umum Desa karangan, dimana kegiatan tersebut dipimpin oleh Ustadz Tunggul Prawoto, S.HI.

Kegiatan tersebut sudah menjadi kegiatan rutin Pelajar Al-Ahsan, terlebih saat ini sudah mendekati datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Do’a bersama di makam memang merupakan kebiasaan yang selalu dilakukan para pelajar disini yang biasanya dilakukan pada hari kamis sore atau hari Jum’at. Dan tidak hanya di makam umum saja Pelajar Al-Ahsan melakukan do’a bersama karena di waktu-waktu tertentu, Pelajar Al-Ahsan juga melakukan ziarah dan do’a bersama di makam para ulama terutama disekitar Jawa Timur. ungkap Ustadz Tunggul.

Berziarah kubur dianjurkan karena selain dapat menginggatkan kita kepada datangnya hari kematian juga akan memberikan kebahagiaan kepada si mayit (ahli kubur) karena telah dikirim do’a-do’a, bacaan Yaasiin, sedekah, dll, dari orang yang masih hidup. Perlu digaris bawahi, bahwa do’a-do’a atau sedekah yang ditunjukkan oleh orang yang masih hidup kepada si mayit itu akan tersampaikan dan akan menambah amal kebaikan si mayit. Manfaat lain dari ziarah kubur adalah untuk meringankan siksa si mayit di dalam kuburnya.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Pelajar Al-Ahsan Bersih-bersih Makam di Desa Karangan

Zaman dulu, ziarah kubur memang sempat dilarang oleh Nabi Muhammad Saw karena dianggap bisa mendatangkan kemudaratan. Tapi, kemudian ziarah kubur menjadi diperbolehkan dengan beberapa alasan yang dapat memberikan dampak manfaat bagi umat. Sebagaimana keterangan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim: “Aku pernah melarang kalian untuk berziarah kubur, maka berziarahlah (sekarang), karena sesungguhnya ziarah kubur dapat mengingatkan kalian terhadap kematian”. Tambahnya.

Ustadz Tunggul juga selalu berpesan kepada para pelajar agar tidak pernah lupa mendo’akan orang tua mereka, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat