Resep Menjadi Kaya Dengan Sedekah

Seseorang dikatakan kaya apabila selalu memberi sesuatu yang baik kepada yang lain karena tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah begitulah pepatah mengatakan.

Dalam hal ini Allah SWT  memberikan petunjuk-Nya dalam surat As-Shaff ayat 10-11 yang Artinya: Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?
Kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu, Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya.

Baca juga: Menumbuhkan Semangat Berorganisasi Melalui Diklat Pelajar Al-Ahsan

Berjuang dengan harta disebut lebih awal sebelum jiwa, ini bisa diartikan berjuang dengan harta mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan jiwa.
Semakin banyak kita berjuang dengan harta, adalah wujud kita kaya tanpa kita sadari. Begitulah penyampaian materi infaq oleh Ustadz Mustaman, S.Pd.I dalam Diklat Pelajar Al-Ahsan, Jum’at, 03 Mei 2019.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, di dalam Wahidiyah oleh Beliau Muallif Sholawat Wahidiyah dikenalkan dengan istilah DANA BOX.

Dana Box merupakan “Paket Bimbingan” langsung dari Muallif Sholawat Wahidiyah RA untuk dilaksanakan secara rutin setiap hari oleh setiap pengamal wahidiyah tanpa pandang bulu menurut kemampuan masing-masing.Dana box merupakan bimbingan yang pas di zaman sekarang, dimana kita bisa memanfaatkan apa saja untuk berdana box. Uang Rp. 100,- Rp. 200,- Rp. 500,- dan seterusnya bisa kita masukkan ke kotak dana box. Yang sebelum memasukkannya kita diajari membaca:

بسم الله الرحمن الرحيم ×١

ياسيدى يارسول الله ×٣

ففروا إلى الله ×٣

Yang selanjutnya ditiupkan pada uang tersebut, yang sebelum memasukkan ke kotak DANA BOX, yang mana hadiahnya bisa kita kirim ke leluhur atau siapa saja yang kita kehendaki, bahkan bisa juga kita sampaikan hajat keinginan kita. Yang mana jika telah terkumpul 1 bulan maka akan ada gaspul (petugas pengumpul) yang akan membuka dan setorkan sesuai ketentuan dari DPP PSW sebagai berikut: 15% Gaspul, 15% PSW Desa, 15% PSW Kecamatan, 15% DPC PSW, 15% DPW PSW dan 25 % DPP PSW.

Dana box juga mempunyai banyak manfaat, karena dengan berdana box kita dibimbing untuk belajar selalu ingat kepada perjuangan islam, perjuangan iman dan juga ingat kepada leluhur-leluhur kita, yaitu dalam berdana box kita hadiahkan kepada keluarga kita yang sudah meninggal.

Baca juga: Danramil Bareng Sampaikan Materi Bela Negara Dalam Diklat Pelajar Al-Ahsan

Di dalam Kitab Minahus-Saniyyah disebutkan suatu hadits:

يَا عَلِيُّ تــَصَدَّقْ عَلــَىمَوْتــَاك َ فــَإِنَّ الله َ قــَدْ وَكـــَّلَ مَلآئــِكــَة ً تــَحْمِلُ صَدَقــَاتِ الأَحْيَآءِ لــِلأَمْوَاتِ فــَيَفــْرَحُوْنَ بــِهَا أَشَدَّ مَا كــَانــُوْا يَفــْرَحُوْنَ فِى الدُّنــْيَا وَيَقُوْلــُوْنَ اللــَّهُمَّ اغــْفِرْ لــِمَنْ نــَوَّرَ قــُبْرَنــَا وَبَشّــِرْ بــِالــْجَنَّةِ الــَّتِى بَشَّرْتــَنَا بــِهَا

“Wahai Ali, bersedekahlah bagi orang yang sudah mati. Karena sesungguhnya Alloh telah menugaskan para Malaikat membawa dan menyampaikan shodaqohnya orang-orang hidup bagi orang-orang yang sudah mati. Maka sebab shodaqoh itulah mereka sangat gembira melebihi kegembiraan yang pernah mereka alami di dunia, dan merka lalu berdo’a memohon kepada Alloh : “Yaa Alloh, ampunilah orang-orang yang menyinari kubur kami dan gembirakannlah merka dengan surga yang Engkau gembirakan kepada kami”.

Dari sisi manapun kita bisa berdana box karena dana box tidak harus dengan uang. Bisa dengan yang lainnya seperti dengan beras, kelapa, jagung, dll.

Bahkan jika benar-benar tidak ada, paling tidak setiap hari kita selalu ingat dan mendo’akan para leluhur. Karena itu tandas beliau TIADA PENGAMAL TANPA BERDANA BOX.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat