Miliki Banyak Keunggulan, Santri Al-ahsan Optimis Membuat Kolam Bulat Berbahan Bambu

Seputar Al-ahsan

 

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan protein di tengah-tengah masyarakat, saat ini berbagai inovasi semakin berkembang pesat, yang salah satunya adalah inovasi dalam budidaya ikan air tawar, yang lebih khususnya adalah inovasi budidaya ikan lele menggunakan kolam bulat.

Ikan lele mengandung protein berkualitas tinggi sebanyak 15,6 gram dalam tiap ekornya sehingga mampu memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Protein berkualitas tinggi tersebut membantu tubuh membangun massa otot tanpa lemak. Tidak hanya itu, kandungan protein dalam ikan lele juga membantu meningkatkan efektivitas fungsiĀ kekebalan tubuh.

Maka menjadi hal wajar jika kemudian berbagai inovasi budidaya lele banyak dilakukan, yang tak lain agar dalam pembudidayaan ikan lele mendapatkan hasil yang maksimal.

Seperti yang dilakukan oleh santri Pondok Al-ahsan ini. Jika pada umumnya budidaya ikan lele menggunakan kolam tanah, beton, atau juga kolam terpal berbentuk persegi.
Santri Al-Ahsan ini justru membuat terobosan dengan membuat rangka kolam berbentuk bulat dari bahan bambu yang nantinya di dalamnya di beri plastik.

Bukan tanpa alasan kenapa kemudian memilih kolam bulat berbahan bambu dan plastik, selain karena lebih murah dibandingkan dengan kolam lain, menurut Syahrifuddin, santri yang menangani langsung pembuatan kolam bulat berbahan bambu dan plastik tersebut mengungkapkan bahwa kolam bulat buatannya memiliki banyak keunggulan.

Keunggulannya adalah dapat diterapkan di lahan terbatas dan dimana saja, dapat terhindar dari hama dan pemangsa liar, relatif lebih mudah dalam proses pemanenan dan penggantian air, metode penyortiran pada ikan lebih mudah dilakukan, lele yang dihasilkan lebih bersih dan tidak berbau lumpur sehingga kualitas dan harga jual Lele lebih tinggi, dan yang paling penting kelangsungan hidup ikan lele menjadi lebih tinggi.

Dengan keunggulan tersebut, maka tidak ada alasan bagi siapa saja yang ingin membudidayakan ikan lele hanya karena tidak adanya lahan yang cukup untuk membuat kolam, dan kurangnya biaya.

Karena dengan kolam bulat ini lahan yang sempit bisa dimanfaatkan untuk menaruh kolam bulat, serta dengan bahan bambu dan plastik biaya pembuatan kolam akan jauh lebih murah, sehingga lebih mudah di aplikasikan di masyarakat. Ungkap Syahrifuddin dengan penuh optimis

Bagikan:
  • 23
    Shares

Tinggalkan Balasan