Kajian Kitab Kuning Menjadi Program Pondok Al-Ahsan di Bulan Suci Ramadhan

Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi bulan suci Ramadhan. Salah satunya adalah mengkaji kitab kuning atau kitab klasik seperti yang dilakukan di Pondok Al-Ahsan Karangan.

Mulai hari ini, Rabu, 01 Mei 2019, mengawali program Bulan Suci Ramadhan, setiap harinya selama bulan suci Ramadhan para santri Pondok Al-Ahsan diwajibkan untuk mengikuti rangkaian kajian kitab kuning yang dimulai setelah ba’da subuh hingga malam hari.

Ini memang sudah menjadi program Pondok Al-Ahsan sejak beberapa tahun yang lalu, sama seperti Ramadhan sebelumnya, selama bulan suci Ramadhan ini para santri diwajibkan untuk mengikuti berbagai kajian kitab kuning, menyimak dan menuliskan terjemahan dalam bahasa Jawa yang disampaikan langsung oleh pengasuh Pondok Al-Ahsan, K. Muhammad Nafihuzzuha, M.Sy dan para ustadz Pondok Al-Ahsan, ucap salah satu pengurus Pondok Al-Ahsan, Ustadz Khoirum Muslimin, S.H.

Lebih lanjut, mengkaji kitab kuning sengaja dipilih lantaran memiliki banyak ilmu atau pembelajaran terkait dengan moral dan etika.

Para santri akan mendapatkan pembelajaran moral yang menyangkut tentang etika terhadap orang tua, pendidik maupun masyarakat umum. “Selain mengajarkan moral tentang etika terhadap orang tua maupun masyarakat, dalam kitab kuning juga terdapat pengajaran tentang kedisiplinan, dan larangan Allah yang harus dijauhi, sehingga sangat relevan untuk diterapkan guna membentengi akhlak dan akidah para santri di tengah pengaruh globalisasi yang terjadi saat ini, tegasnya.


Diharapkan dengan bekal ilmu yang diajarkan kepada para santri, nantinya santri Pondok Al-Ahsan bisa menjadi pribadi yang santun, disiplin, tanggung jawab, toleran, cinta damai dan taat beribadah.

Dikonfirmasi terpisah, salah seorang santri mengaku senang dengan berbagai agenda kegiatan yang dilakukan selama bulan suci Ramadhan yang sudah dimulai hari ini.

Agenda yang sudah dijadwalkan dari pengurus Pondok Al-Ahsan selama bulan puasa memang sangat menarik dan memberikan banyak manfaat. Meski jadwalnya padat, insyaAllah saya dan teman-teman akan mengikuti kegiatan bulan Ramadhan ini dengan baik, tutur Bayyinul Muttaqin ( salah satu santri dari Bojonegoro)

Selain mengkaji kitab kuning, selama bulan suci ramadhan ini, santri Pondok Al-ahsan juga akan diajak membaca Al-Qur’an bersama-sama yang akan dibimbing langsung oleh pengasuh pondok.

Program kegiatan ramadhan yang terjadwal di Pondok Al-Ahsan Karangan ini akan dilaksanakan hingga H-5 perayaan hari raya Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat